Anak lelaki ku dan daun Sanamaki

Belakangan saya dan suami dilanda kekhawatiran, selama ini anak lelaki kami sering mengalami konstipasi. Kami telah berkonsultasi dengan Dokter, tetapi konstipasi tetap saja terjadi.

Dokter menyarankan agar anak kami tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung Ayam. Anak kami dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak air putih dan serat. Segala usaha sudah kami lakukan, tetapi anak kami sangat pemilih dalam makanan, ia hanya senang dengan menu Bistik Ayam.

Ia menolak semua makanan kecuali Bistik Ayam. Hari terus berlanjut begitu juga dengan konstipasi yang berulang terjadi pada anak kami. Berulang kali akhirnya kami memberi obat pencahar melalui anus yang katanya aman bagi anak. Tetapi masalah baru muncul, ia jadi ketakutan saat obat tersebut dimasukkan.

Atas saran seorang Sinse (ahli pengobatan) kami mencari daun Sanamaki di toko obat herbal. Kami berkeliling mencari toko herbal, saya bertanya pada orang – orang, akhirnya kami berhenti di toko obat Bahagia di daerah Pasar Aceh. Disanalah kami menemukan daun Sanamaki.

Sumber: https://i0.wp.com/imedis.net/wp-content/uploads/2015/09/daun-jati-cina.jpg?w=800

Daun Sanamaki mereka sebut daun Sana, hasil googling menyebutkan daun Sana disebut juga daun Jati Cina. Mempunyai khasiat sebagai pelangsing dan mengobati konstipasi.

Kami membeli satu bungkus daun Sanamaki seharga Rp.10.000,-. Sesuai saran dari Sinse untuk anak kami yang usianya 2 tahun 10 bulan, daun Sanamaki diambil sejumput kemudian diseduh dengan air panas 1 gelas kecil (200 ml) kemudian diamkan hingga warna air menjadi kecoklatan. Kemudian diminumkan pada anak kami sebanyak 5 sendok makan, satu kali sehari sebelum tidur.

Daun Sanamaki yang sedang diseduh dengan air panas

Saya meminumkan seduhan tersebut sebelum tidur, tetapi pada pagi hari belum juga ada tanda – tanda ingin buang air pada anak lelaki ku. Hingga pada siang hari setelah saya mencoba meminumkan lima sendok daun Sanamaki yang kedua kalinya. Akhirnya berhasil, anak kami dapat buang air dengan tidak menyakitkan.

Inilah pengalaman anak lelaki saya dengan daun Sanamaki, harap berkonsultasi dengan ahli sebelum memberi seduhan daun Sanamaki pada anak anda agar tak salah dalam pemberian. Sebagai orang tua kita harus teliti bukan ? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *