Tips merencanakan masa depan dan menggapai impian

Matahari bersinar terang dalam birunya langit, awan putih menggantung nun jauh disana, menari – nari menaungi siang ku.

Hari – hari terasa berjalan sangat cepat, terkadang aku ingin berteriak pada waktu “hei, tunggulah aku!” tapi sampai kapanpun waktu tak pernah menunggu ia terus berlalu.

Impian menjelaskan mimpi, impian adalah harapan akan masa depan. Apakah sesorang dapat merencanakan masa depan? Atau menata kembali rencana masa depan kapan saja?

Aku membaca pertanyaan ini di sebuah akun sosial media. Sepertinya pertanyaan ini cocok untuk menjadi topik bahasan hari ini.

Aku mencoba merunut apa saja yang dapat kita lakukan untuk merencanakan masa depan, berikut ulasannya :

Masa depan tak hanya sebatas karir tapi juga keluarga

Sebagian dari kita menganggap karir adalah segalanya sehingga kita rela melakukan apapun agar karir terus menanjak. Tetapi sadarkah kita bahwa kita menghabiskan waktu untuk karir hanya sepertiga hari dan dua pertiganya lebih banyak kita habiskan bersama keluarga.

Karir memang menjanjikan segalanya tetapi karir bukanlah segalanya, senyuman anak – anak, pelukan hangat dari pasangan, dan rumah yang nyaman untuk jiwa adalah kebahagiaan sesungguhnya.

Tulis dan rincikan rencana masa depan

Menulis dan merincikan masa depan memungkinkan kita memiliki waktu lebih baik untuk berfikir, menentukan setiap detail dari masa depan seperti apa yang kita inginkan, akan memudahkan kita dalam mengatur cara menggapainya satu persatu.

Uraikan cara mewujudkan rencana yang telah dibuat

Tak mudah mewujudkan setiap rencana, butuh keberanian dan usaha yang keras. Sebagian dari kita menghindar jika dihadapkan pada kenyataan yang tidak menyenangkan bahwa banyak hambatan yang ditemui saat mewujudkan impian. Pertimbangkan semua kemungkinan yang akan dihadapi.

Analisa kekuatan dan kelemahan anda

Tak ada salahnya bermimpi setinggi – tingginya, tetapi mempertimbangkan potensi dan kelemahan diri membuat anda lebih bijak dalam menentukan langkah yang akan diambil. Saya beri contoh : anda bermimpi untuk juara lomba lari dunia. Analisa kekuatan anda punya kaki yang kuat, tempat latihan, dan waktu berlatih yang cukup. Kelemahan : waktu berlari anda tidak memuaskan. Solusi : cari pelatih, bergabung dengan tempat berlatih atletik dan lain – lain.

Pertimbangkan untuk mengatur ulang rencana mewujudkan mimpi

Hidup tak bisa diprediksi, anda harus terbuka dalam merencanakan ulang masa depan anda kapan saja. Jangan terlalu kaku, bukankah setiap impian mempunyai banyak cara untuk mewujudkannya?

Tak ada salahnya bersedih sementara, tetapi jangan berlarut, tata kembali hidup dan rencanakan kembali bagaimana mewujudkan mimpi yang telah anda susun.

Saya berharap tulisan ini dapat menginspirasi pembaca agar terus bersemangat, keluar dari hidup yang terasa stagnan. Ayo cerialah dan tatap masa depan yang menanti mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *