Trik Lulus Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan Mudah

Sebagian orang menganggap menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah sebuah pekerjaan yang membosankan, dan sangat terikat dengan aturan. Tetapi bagi sebagian lagi menjadi PNS adalah sebuah impian. Gaji bulanan yang tetap, jaminan kesehatan dan hari tua adalah alasannya. Semua ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar tes, sedangkan yang diterima hanya sebagian kecil saja.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya mewawancarai beberapa orang PNS untuk mengetahui trik mereka agar lulus tes CPNS, berikut beberapa tipsnya:

Siapkan diri dari jauh hari

Hampir semua PNS menyarankan bagi yang ingin ikut tes agar menyiapkan diri jauh hari. Sebagian PNS menyiapkan diri dengan belajar dalam rentang waktu beberapa bulan sampai satu tahun sebelum tes CPNS dilangsungkan.

Belajar dari buku kumpulan soal tes CPNS

Sebagian besar dari PNS yang saya tanyai, mereka mengaku membaca dan memecahkan soal dari buku tersebut sangat membantu mereka dalam menjawab deretan soal saat tes berlangsung.

Mempelajari contoh soal tes CPNS dari internet

Saat ini perkembangan teknologi telah berkembang pesat, hampir semua masyarakat dari tua hingga muda, di kota maupun dipelosok desa sekalipun bisa mengakses informasi melalui internet.

Mempelajari contoh soal tes CPNS dari internet sangat memudahkan dan anda tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli buku kumpulan soal.

Membaca buku sejarah dan perundang – undangan yang ada di Perpustakaan

Sebagian kecil dari PNS yang saya wawancara mengaku mereka tidak terlalu memusingkan pertanyaan berbentuk hitungan, karena bentuk soal hitungan cenderung hampir sama pada setiap tes dilangsungkan, sehingga mereka lebih memilih belajar sejarah Indonesia dan undang – undang. Agar dapat membaca buku lebih banyak dan tanpa mengeluarkan biaya tambahan, mereka meminjam banyak buku dari perpustakaan.

Banyak bersedekah dan memberi pertolongan bagi yang membutuhkan dengan ikhlas

Sebagian PNS yang saya wawancara menyebutkan bersedekah dan memberi pertolongan bagi yang membutuhkan telah membantu mereka lulus. Mereka percaya doa orang – orang yang mereka tolong telah mengantarkan kelulusan bagi mereka.

Perbanyak doa dalam sholat Dhuha dan Tahajjut

Hampir semua yang saya wawancara mengaku melakukan sholat Dhuha dan Tahajjut selain kesempatan berdoa yang didapatkan, mereka juga mengaku lebih tenang dalam menghadapi tes dengan melakukan ibadah ini.

Bimbingan belajar untuk tes CPNS

Ini adalah tips tambahan dari saya, saat ini telah ada beberapa bimbel yang menyediakan kelas khusus bagi yang ingin ikut serta dalam tes CPNS.

Sekian dulu tips dari saya kali ini, semoga bermanfaat bagi semua pembaca. Semoga sukses.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *