Tips menjalankan usaha bagi pemula : dijamin anti gagal

pixabay

Saat ini lapangan pekerjaan semakin sulit. Pendapatan yang terus tak sebanding dengan pengeluaran semakin membuat frustasi. Saat ini anda telah dipaksa untuk melihat semua celah dan salah satunya adalah merintis bisnis anda sendiri.

Berikut ini beberapa tips menjalankan usaha berdasarkan pengalaman aku dan suami ku yang seorang mantan manager dan supervisor sebuah bank nasional dalam menjalankan bisnis laundry kami:

Rajin dan ulet
Seorang pengusaha harus rajin dan tidak bermalas malasan agar keberhasilan datang pada anda.

Pelajari terlebih dahulu seluk beluk bisnis yang akan anda jalankan
Jangan segan mencari informasi dari sumber yang tepat. Anda dapat bertanya pada orang yang telah menjalankan bisnis serupa dengan yang akan anda jalankan. Seperti suami ku yang belajar berbisnis laundry dari mantan nasabahnya. Sediakan waktu khusus untuk belajar.

Uruslah semua kelengkapan administrasi dan perizinan
Sekecil apapun usaha yang akan anda jalankan, prioritaskan untuk mendapat izin usaha dan sertifikat kelayakan sebuah usaha dari pihak yang berwenang.

Perkirakan kemampuan finansial anda untuk membuka suatu usaha
Berbisnis tidak bisa dianggap sepele, anda harus memperkirakan dengan rinci kemampuan finansial anda karena anda juga mempunyai karyawan yang harus digaji.

Jadilah pengusaha yang bijaksana dan mempunyai pengetahuan manajerial yang baik
Pengalaman suami ku sebagai manajer dan supervisor yang membawahi karyawan yang tersebar diseluruh Aceh sangat berguna dalam bisnis kami.

Seorang pengusaha harus mampu mengendalikan karyawannya
Sangat sulit menemukan karyawan yang bekerja sesuai harapan, berilah contoh rinci pada karyawan bagaimana cara melakukan pekerjaan. Jangan hanya memerintah karyawan, tetapi turun tangan memberi contoh adalah lebih baik bagi usaha anda.

Gunakan semua peluang untuk promosi
Gunakan media lokal untuk mempromosikan usaha anda, dan gunakan strategi pemberian potongan harga atau membership bagi pelanggan setia.

Pertahankan kualitas produk
Mengendalikan kualitas produk merupakan salah satu kunci keberhasilan. Pelanggan akan kembali pada anda bila anda memberi produk yang baik dan berkualitas.

Berinovasi
Inovasi memunkinkan usaha anda terus bertahan dan berkembang untuk semakin maju dari hari kehari.

Dekatkan diri pada pencipta.
Hal ini berguna agar usaha anda diberkahi dan rezeki dapat lancar serta anda memperoleh kedamaian batin saat menghadapi tekanan bisnis. Bagi anda yang muslim perbanyaklah bersedekah serta rajinlah sholat Dhuha dan Tahajut.

Demikian tips yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat. Mari buka lapangan kerja baru dengan membuka bisnis anda sendiri[]

Sumber bacaan lainnya yang dapat bermanfaat bagi anda :

https://manajemenmentor.blogspot.com/2017/02/6-strategi-menjalankan-usaha.html?m=1

https://www.ekonomi-holic.com/2011/11/cara-dan-strategi-memulai-bisnis-untuk.html?m=1

Salam
@rikanurrizki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *