Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit dengan ILA

Melahirkan adalah sebuah proses dalam kehidupan seorang wanita. Memiliki buah hati dambaan semua pasangan. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan menjadi penawar rasa lelah.

Telah banyak metode yang dikembangkan para ahli untuk membantu para ibu agar dapat melahirkan normal dengan nyaman, sebut saja beberapa yang pernah hits diantaranya water birth dan hipnobirthing. Semua metode ini memiliki tujuan yang sama yaitu mengurangi rasa sakit saat melahirkan normal.

Rasa sakit yang teramat sangat adalah keluhan Ibu yang melahirkan secara normal, bahkan ada beberapa kenalan saya yang akhirnya memilih untuk tidak melahirkan normal lagi karena trauma akan rasa sakitnya.

Sekarang telah metode baru untuk mengurangi rasa sakit yang telah mulai diterapkan di Indonesia yaitu melahirkan dengan metode ILA.

Pengertian

ILA merupakan singkatan dari Intra Labour Anasthesia. ILA adalah sebuah proses memberikan anti nyeri yang disuntikkan di tulang belakang yang berguna untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit saat proses melahirkan.

Keutamaan ILA

ILA berbeda dengan proses persalinan normal biasa, ibu yang bersalin akan tetap nyaman tanpa rasa sakit, tetapi masih dapat mengedan saat bayi akan lahir.

Rumah Sakit yang Melayani ILA

Di Indonesia telah banyak Rumah Sakit yang telah menerapkan metode ini sejak beberapa tahun yang lalu. Termasuk salah satu Rumah Sakit di Banda Aceh yaitu Rumah Sakit Tgk Fakinah.

Pengalaman menggunakan metode ILA

Sebagian besar persalinan normal di luar negeri telah menggunakan metode ini. Di Indonesia sendiri ILA masih tergolong baru. Beberapa Ibu yang menggunakan ILA di Aceh mengaku proses bersalinnya lebih nyaman karena rasa nyeri yang hilang saat melahirkan.

Ibu yang ingin melahirkan normal tetapi takut akan rasa sakit dapat mencoba ILA. Tanyakan ILA pada dokter kandungan anda. Sebaiknya mencari Rumah Sakit yang menyediakan fasilitas ILA jauh hari sebelum anda melahirkan agar anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dan tau benar tentang prosedur ini. Semoga tulisan ini bermanfaat[]

Salam
@rikanurrizki

Referensi terkait ILA

https://www.google.com/amp/s/www.meetdoctor.com/mobile/question/ila-dan-epidural?espv=1

Persalinan Normal Alami VS Epidural VS ILA ( Intra Thecal Labor Analgesia )

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *