Tips mudah untuk menulis di Steemit bagi pemalas

Hai steemian hebat

Masih dalam semangat terlebih setelah mendapat kabar nilai tukar SBD terhadap rupiah yang meningkat dalam beberapa hari ini.

Menyikapi keluhan dari teman – teman yang sedang malas menulis di Steemit, akhirnya saya berfikir untuk menyusun beberapa tips yang dapat memudahkan steemian dalam menghasilkan tulisan berdasarkan pengalaman pribadi yang masih seumur jagung di Steemit.

Berikut ini tips yang dapat saya uraikan :

Komitmen


Menulis atau tidak semua tergantung individu, berkomitmen dalam hati bahwa siapa yang rajin ia yang akan berhasil, sama juga dengan steemit keberhasilan anda di platform ini sangat bergantung pada seberapa besar usaha anda dalam menghasilkan karya.

Be aware dengan sekitar


Mulailah dengan memperhatikan sekitar anda, tangkap sebanyak mungkin momen yang anda lewati misalnya kejadian sehari – hari, pekerjaan, perjalanan, pertemuan, dan apapun itu. Semua ini dapat menjadi ide pokok sebuah postingan.

Sediakan waktu untuk Steemit dengan menyicil postingan


Teman – teman sering mengeluh kesibukan dalam aktivitas harian sebagai pekerja dan juga mengurus rumah tangga membuat waktu untuk menghasilkan tulisan menjadi sirna, ide yang sudah ada tak sempat tertuang.

Bila dalam kondisi demikian jangan memaksa diri, mulailah perlahan susun kata hingga kalimat menjadi paragraf dalam sebuah draf dan simpan. Kemudian lanjutkan saat ada waktu luang sedikit demi sedikit hingga akhirnya selesai.

Semangat saya pasti bisa


Karya dapat dihasilkan kapan saja dan di mana saja bahkan dapat dihasilkan sambil melakukan aktivitas lain misalnya seperti saya yang kadang membuat postingan sambil menunggu jemputan.

Tentukan ide dasar

Menentukan ide dasar pada sebuah tulisan yang akan dibuat akan memudahkan pengembangan paragraf penyusunnya. Setelah ide dasar didapat, mulailah menyusun pikiran utama dari setiap paragraf dan perlahan kembangkan ide tersebut menjadi sebuah tulisan yang sempurna.

Jadikan Steemit salah satu obat hati


Tak dapat dipungkiri sebagai manusia kadang banyak hal yang harus kita hadapi, rasa jenuh datang mendera, akhirnya mendatangkan rasa malas yang luar biasa. Ketika dalam kondisi seperti ini mulailah dengan menyemangati diri misalnya dengan mendekatkan diri pada Allah SWT serta anda dapat mencoba menyanyikan lagu Happy Birthday di depan kaca sambil tersenyum dan bertepuk tangan. Saya telah membuktikan lagu ini memberi suntikan semangat yang luar biasa. Selain itu coba keluarkan keyboard dan mulai menulis satu persatu huruf. Menulis di Steemit adalah salah satu terapi jiwa.

Tentukan tujuan anda menulis

Sebaik – baiknya manusia adalah yang dapat memberi manfaat pada sesama terapkan hal tersebut di Steemit. Susunlah sebuah postingan yang dapat membawa manfaat pada pembacanya. Steemit dalam perjalanannya telah membuktikan bahwa bersama kita bisa membawa perubahan dan manfaat bagi orang lain.

Jangan sungkan bertanya


Bertanya akan memberi jawaban dari setiap pertanyaan, anda dapat merasakan manfaat kebersamaan dalam Steemit karena sebagian besar dari steemian akan membantu jika anda merasa dalam kesulitan. Cari tahu bagaimana para senior di Steemit menjaga konsistensi dalam menulis dan bagaimana cara mereka bertahan di Steemit dari waktu ke waktu.

Bergabung dengan komunitas


Bergabung dan terus menjalin komunikasi dengan sesama steemian akan membantu menjaga semangat anda dalam berkarya di steemit. Mereka para steemian akan terus menyemangati dan memberi support penuh pada anda.

Demikian tips dari saya teruntuk dua sahabat saya @sittishabir dan @nachazamulya semoga dapat bermanfaat dan terus semangat berkarya di Steemit.

Salam penuh semangat @rikanurrizki[]

Sumber gambar : pixabay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *